Kebaya Untuk Nilai Kenyamanan

Nilai busana memiliki guna atau fungsi sebagai pelindung badan. Oleh karena adanya budaya manusia, busana memiliki nilai seni yang tercermin dalam bentuk budaya atau model. Kebaya merupakan salah satu karya seni rancangan busana yang tercipta karena suatu kebutuhan.

Kulit manusia yang tipis dan penuh saraf sensorik sangat peke dan rawan terhadap sentuhan maupun cuaca. Kedudukan busana yang berfungsi sebagai alat pelindung sekaligus memberi kenyamanan terhadap manusia disebut sebagai busana for comfort. Kedudukan busana yang memiliki kenyamanan tersebut merupakan fungsi busana nonsosial dan personal.

Kondisi tubuh manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor eksternal, misalnya suhu, cahaya matahari dan kelembapan. Sementara faktor internal berasal dari suhu tubuh yang dipengaruhi oleh metabolisme aktivitas manusia itu sendiri. Hal-hal tersebut dapat memengaruhi perilaku manusia dalam pemilihan busana.

Dewasa ini teknologi semakin maju sehingga banyak penemuan bahan dan model busana yang disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas manusia. Oleh karena itu, bentuk busana for comfort juga mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan aktivitas manusia sebagaimana yang diungkapkan oleh seorang antropolog yang bernama Desmond Morris berikut :

…..Protective clothing became essential, either to reduce heat loss from the skin surface or to shield the skin from the direct blast of the sun’s rays. With the passage of time, as human activities became more and more complex, additional forms of protection were required-against sharp surfaces that could damage the skin, against loss of oxygen, and against excessive radiation. Each new demand gave rise to new forms of protective clothing, from thick shoes and heavy gloves to helmets and welding -masks, from overalls to bullet – proof vest.

Pengaruh budaya Barat sangat kuat,kebaya sebagai salah satu budaya busana wanita Indonesia juga tidak lepas dari pengaruh kebudayaan Barat. Apabila kita lihat modelkebaya dewasa ini, banyak model kebaya yang dipengaruhi model busana Barat.
Jenis kebaya for comfort merupakan kebaya untuk tujuan kenyamanan. Perwujudan kebaya for comfort bukan semata-mata mencitrakan busana yang nyaman untuk dipakai, tetapi telah berkembang menjadi busana yang nyaman sekaligus menunjang penampilan.

Eksistensi perwujudan kebaya mengikuti aktivitas hidup atau perilaku yang diperankan oleh wanita Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam aktivitas hidup wanita Indonesia mulai desa sampai kota, tradisional sampai modern, sederhana sampai rumit, bercocok tanam sampai aktivitas di hotel berbintang, semuanya memanfaatkan eksistensi busana kebaya tersebut.

Pasca reformasi para desainer mampu memberi warna dalam padu padan penggunaan bahan dan garis potong pola kebaya. Untuk memadupadankan penggunaan bahan kebaya berarti memadukan dua jenis bahan yang berbeda ( mix media ). Kebaya dapat pula dibuat dari bahan katun sehingga lebih nyaman dipakai dalam kegiatan sehari-hari karena mudah menyerap keringat. Kebaya model for comfort biasanya dibuat lebih modis yang dipadukan dengan bawahan berupa celana panjang atau rok. Celana panjang cukup memberikan keleluasaan dalam beraktivitas. Pemakaian celana panjang sebagai padu padan kebaya mampu menggeser kebaya yang semula berkesan feminin, lemah gemulai, dan anggun menjadi berkesan maskulin, dinamis dan aktif. Padu padan kebaya dengan celana panjang mencapai bomming pada era 2004.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s